Minggu, 09 Oktober 2016

Organisasi Kompter Dasar

Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori

Struktur komputer adalah cara komponen – komponen komputer saling terkait dan berhubungan

Fungsi komputer adalah operasi masing masing komponen sebagai bagian dari struktur

Dari asal katanya “to compute” komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang
komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.

Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram
blok sebagai berikut :

Secara umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut :

1. Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh :

• keyboard
• mouse
• scanner

2. Output Device
Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Contoh :
• monitor

3. I/O Ports
I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.

4. Central Processing Unit
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memilikidua bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.

5. Memory
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.

6. Data Bus
Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

7. Address Bus
Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

Sumber : https://seedqyandy.wordpress.com/2013/01/17/organisasi-komputer-dasar/

Kamis, 29 September 2016

Evolusi Arsitektur Komputer (Perkembangan komputer)

Evolusi Arsitektur Komputer



A. Pengertian Komputer.

Istilah komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat "Hitung", karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini contoh penemuan komputer.

B. Sejarah Komputer.
1.1 Mesin Buatan Charles Babbage . 
       Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern. Charles Babbage

1.2 Mesin Analitik (Analitical Engine).
        Setelah Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia komputer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya merupakan dambaan Charles Babbage. 

C. Genrasi Komputer
Generasi komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.


2.1 Generasi Pertmama. 
Pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.

2.2 Generasi kedua.
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.

2.3 Generasi ketiga.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

2.4 Generasi keempat.

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

2.5 Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Sumber :

Selasa, 21 Juni 2016

Menghitung Regulasi Tegangan naik dan turun menggunakan Procedure (PASCAL)

1.DIAGRAM FLOWCHART

Beriku adalah proses program dengan menggunakan Diagram flowchart pada program PASCAL.



Detail:
1.   perhitungan mencari regulasi tegangan naik dan turun menggunakan procedure pada pascal
2.  Mulai (buka program)
3.  Tampilan Menu  
4. - Pilih no.1 
     - Memasukkan nilai Vtb dan Vbp.
     - Di proses dengan rumus  (RTnaik=Vtb-Vbp)
                                                                           Vbp
     - Cetak hasil / Menampil kan hasil perhitungan
5. Pilih no.2 
     - Masukan nilai Vtb dan Vbp.
     - Di proses dengan rumus  (RTnaik=Vtb-Vbp)
                                                                           Vtb
     - Cetak hasil / Menampil kan hasil perhitungan
6.  Keluar program
                                                                                                 


2.Gambar di bawah adalah codingan program (PASCAL).


-

-

-

3.Gambar di bawah adalah tampilan program hasil dari codingan di atas.

-

-

Terima Kasih.





Kamis, 26 Mei 2016

Regulasi Tegangan Naik dan Turun

Perhitungan mencari regulasi tegangan naik dan turun





Detail : 

1.  Program perhitungan mencari regulasi tegangan naik dan turun
2.  Mulai (buka program)
3.  Memasukkan Nilai Vtb dan Vbp
4.  Proses perhitungan ,oleh program pascal dengan rumus 
       (RTnaik=Vtb-Vbp)    (RTturun=Vtb-Vbp)
                            Vbp                                  Vtb

5.  Menampilkan Hasil Dari perhitungan
6.  Percabangan memilih menghitung lagi atau keluar program
    - "Ya" program kembali ke No.3
    - "Tidak" program selesai
7.  Keluar program

Tampilan program codingan



tampilan program hasil dari codingan di atas







Note : 
Output dari variabel bertipe real berupa bilangan desimal dengan 10 angka di belakang koma dan E+0n, dimana n =1,2,3, dst. Misalnya 1.6000000000E+02, artinya sama dengan 1.6 x 10 pangkat 2.

Senin, 04 April 2016

MENCARI REGULASI TEGANGAN MENGGUNAKAN (PASCAL)

1.DIAGRAM FLOWCHART

Beriku adalah proses program dengan menggunakan Diagram flowchart pada program PASCAL.



Detail:
                                                                                                            


2.Gambar di bawah adalah codingan program (PASCAL).


-
-
-
3.Gambar di bawah adalah tampilan program hasil dari codingan di atas.

-

-

-




Senin, 21 Maret 2016

Mencari Regulasi Tegangan (RT) Menggunakan Visual Basic










1. Diagram Flowchart

Berikut adalah proses program dengan menggunakan Diagram Flowchart pada program Visual Basic





2. Codingan Rumus menggunakan Visual Basic.

Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text2.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text3.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text4.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")

Else
Label6.Caption = (Val(Text1.Text) - Val(Text2.Text)) / Val(Text3.Text) * 100
Label6.Visible = True
Label8.Visible = True
End If
End Sub

Private Sub Command2_Click()
If Text1.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text2.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text3.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")
ElseIf Text4.Text = "" Then
MsgBox ("Isi Kolom dengan lengkap")

Else
Label7.Caption = (Val(Text1.Text) - Val(Text2.Text)) / Val(Text4.Text) * 100
Label7.Visible = True
Label9.Visible = True
End If

End Sub

Private Sub Form_Load()

End Sub

Private Sub Text1_Change()
Text4.Text = Text1.Text

End Sub

Private Sub Text2_Change()
Text3.Text = Text2.Text


End Sub

Sabtu, 09 Januari 2016

PROPOSAL BISNIS

Proposal Bisnis





Nama Perusahaan            : Sepeda Tenaga Surya
Alamat                             : Pondok kopi.Jl.Arabika VIII
Telepon                            : 08963345211



Ringkasan Eksekutif

Kami sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya dengan lancar. Target produksi kami satu tahun ke depan adalah membuat 1 buah produk, yaitu: Sebuah Sepeda Tenaga Surya. Produk ini akan kami selesaikan dalam waktu 2 bulan.


Tujuan


Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek:
Kami akan membuat alat transportasi yang ramah lingkungan,yaitu: sepeda listrik bertenaga energi matahari.kami akan membuat produk yang lebih baik dari sisi teknologi panel surya yang lebih efisien,maupun dari desain yang lebih menarik
Tujuan Jangka Panjang:
Kami akan terus berlanjut dan berinovasi guna menjawab tantangan zaman.


Misi dan Visi Perusahaan


Visi :
Mengajak anak bangsa untuk memanfaatkan energi alam dan Melestarikan lingkungan
Misi :  
  •   Membuat produk yang berkulitas dan mudah di pakai
  •   Berusaha menumbuhkan generasi yang memahami fungsinya energi alam
  •  Terus berinofasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri maupun di negeri lain





Sekilas Perusahaan

Energy Bike adalah perusahaan produk industri yang membuat dan mengembangkan sepeda listrik yang berkualitas dan lebih ramah lingkungan.


Kepemilikan Perusahaan

Energy Bike adalah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Arif Rahman Hakim

Sejarah Singkat Perusahaan

Energy Bike adalah perusahaan produk industri yang bergerak dibidang pembuatan alat transportasi . Didirikan pada 4,januari,2016 oleh Arif Rahman Hakim. Perusahaan ini berlokasi di Pondok Kopi. Jl.Arabika VIII


Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Energy Bike Berlokasi di Jl.Arabika VIII. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 4x4 meter.


Produk

Sepeda listik tenaga surya ini di rancang tidak hanya mempertimbangkan aspek lingkungan tapi juga dari sisi kenyamanan pengendaranya.

Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam bentuk dan karakteristiknya.sepeda listrik ini lebih ramping dari sepeda pada umumnya.sepeda ini juga tidak menggunakan pedal ataupun rantai namun lebih menyerupai otopet sepeda listrik ini juga tidak menggunakan bbm .energi penggeraknya menggunakan baterai yang terhubung ke motor yang terletak di as roda belakang.Penempatan baterai di bagian bawah sepeda,sekaliagus sebagai pijakan kaki pengendara,juga ada lampu 5 watt yang cukup menerangi 3meter ke jalan.Untuk harga, kami akan menjualnya dengan harga yang ekonomis,





Analisis Pasar

Marknya produk bajakan berkualitas bagus yang dijual murah di pasar tentu akan menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk kami. Namun begitu, kami berkeyakinan bahwa produk kami lebih baik,

Analisis Industri

Saat ini kami mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan sepeda lisrik yang sudah berjalan , namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau produk kami lebih berkualitas dan lebih baik dalam segi desain maupun energinya, Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya perbedaan karakteristik. Selain itu, kami pun mengetahui bahwa di negeri ini sangat banyak dalam transportasinya dan polusi hingga akhirnya timbulnya kemacetan dan pemanasan gelobal tentunya menginginkan produk yang idealis dan bernilai ramah lingkungan.


Peramalan Pasar

Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai, kami siap bersaing di pasar Internasional, khususnya guna memenuhi kebutuhan konsumen luar negeri. 


Strategi Pemasaran

Strategi kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan industri transportasi dalam hal promosi dan pemasaran.


Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari empat orang pendiri yang masing-masing akan mengepalai divisi yang dipimpinnya.


Divisi Produksi
  •  Kepala Produksi Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
  •   Product designer
  •   Graphic Designer dan Animator
  •   Teknisi





Divisi Keuangan dan Manajemen
  •   Kepala keuangan dan manajemen
  • Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
  •  Akuntan
  •  Administrasi




Divisi Operasional dan Pemeliharan
  •  Kepala operasional dan pemeliharaanBertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja. 
  •  Teknisi
  • OB


Divisi Pemasaran
  Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
  Humas
  Sales



Estimasi Biaya

1)    Biaya Investasi

Perlengkapan kantor
  1.   2 buah meja kerja
  2.   2 buah cabinet
  3.   1 set kursi tamu
  4.   Dispenser
  5.   2 buah AC


Perlengkapan pabrik
  • 2 buah Mesin press
  • 2 buah Mesin gerinda
  • 400 Las karbit
  • 200 Panel surya
  • 200 lampu
  • 2 ton besi

Perangkat Keras
  1.   2 buah komputer P3
  2.   3 buah komputer P4



Perangkat Lunak
  •   OS Windows 98 original
  •   MS office 95 original





Total biaya investasi = Rp90.000.000,.00

2)    Biaya Operasional
  •   Sewa ruko 2 lantai selama lima tahun
  •   Listrik selama setahun
  •   Telepon selama setahun
  •   Perlengkapan kantor setahun
  •   Kemasan 3000 buah


Total biaya Operasional = Rp35.000.000,.00

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp.90.000.000+ Rp.35.000.000,.  = Rp. 125.000.000,.


Pendapatan

produk setahun, harga penjualan Rp2.500.000,. target penjualan= Rp.500.000.000 perrtahun

Keuntungan

Keuntungan     = Pendapatan - Total Biaya
                        = Rp500.000.000,. – Rp125.000.000,.=Rp 375.000.000,.

Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp. 500.000.000,. : Rp. 125.000.000  = 4

R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp.125.000.000 yang dikeluarkan akan menghasilkan Rp. 375.000.000,.

Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 125.000.000: Rp 1.500.000 = 83 keping

BEP Harga = Total Biaya : Total Produksi
Rp. 125.000.000,. : 83keping = Rp. 1.500.000/keping

Angka tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 200 keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. 1.500.000/keeping